Perbedaan Aluminium dan Stainless steel Yang perlu Kamu Tahu !

Aluminium dan stainless adalah dua logam yang terlihat sangat mirip jika anda hanya melihat dengan mata, tapi itu adalah dua logam yang berbeda. Jika anda perhatikan dengan teliti perbedaan aluminium dan stainless steel sangatlah berbeda.Memang kedua jenis logam itu sering dimanfaatkan untuk menjadi peralatan yang menunjang kehidupan sehari – hari anda. 

Kalau anda melihat dengan sekilas memang perbedaan aluminium dan stainless steel memiliki bentuk yang sama. Aluminium dan stainless steel memiliki keunggulan yang sama, yaitu sama sama memiliki sifat anti korosi yang tinggi sehingga tidak mudah untuk untuk berkarat. Hanya saja kualitas dan harga aluminium dan stainless steel pun tidak sama. Maka dari itu anda sebagai konsumen yang sering menggunakan kedua logam tersebut harus pintar dan teliti saat ingin membelinya. 

Tidak ada salahnya anda juga mengetahui perbedaan aluminium dan stainless steel. Perbedaan aluminium dan stainless steel terlihat dari kekuatannya, Yang dimana stainless steel cenderung lebih kuat jika dibandingkan dengan aluminium. Maka dari itu stainless steel lebih sering digunakan untuk membuat bahan bangunan seperti rumah, jembatan dan lain sebagainya. Sedangkan kalau untuk berat aluminium jauh lebih ringan dari stainless steel. Berat aluminium hanya sepertiga berat stainless steel, dari situ aluminium sering dimanfaatkan untuk bahan otomotif seperti pesawat, kapal dan lain sebagainya.

Baca Juga : Jenis – Jenis Pintu Aluminium Yang Paling Ngetren

Material pembuatannya

Cara mengetahui Perbedaan aluminium dan stainless steel adalah dengan cara mengetahui material dan pembuatannya. Proses produksi aluminium dimulai dari pengambilan bahan tambang yang mengandung aluminium (bauksit, corundum, gibbsite, boehmite, diaspore, dan sebagainya). Selanjutnya bahan kedua logam tersebut dibawa menuju proses bayer untuk menghasilkan aluminium, Yang dimana aluminia adalah material pembuatan aluminium.

Sedangkan stainless steel adalah material yang mengandung senyawa besi dan terdapat 12% koronium untuk mencegah proses korosi. Bahan baku utama pembuatan stainless steel adalah chrome dan nikel.

Baca Juga : Manfaat Dari Aluminium Dalam Membangun Rumah 

Ketahan korosi

Stainless steel memiliki ketahanan terhadap korosi yang lebih baik jika dibandingkan dengan aluminium. Yang dimana stainless steel telah di tambahkan koroim yang membentuk lapisan tahan korosi yang di permukaannya dan juga stainless tidak memiliki pori pori yang dapat meningkatkan ketahan terhadap korosi.

Di sisi lain aluminium memiliki ketahanan oksidasi dan korosi yang tinggi tapi masih rentan terhadap keduanya. Apabila aluminium teroksidasi maka permukaannya akan membuat menjadi putih dan dapat menimbulkan lubang – lubang yang membuat terbentuknya lubang – lubang kecil pada permukaan akibat korosi.

Baca Juga : Apa itu Aluminium? Hingga saat ini Banyak Yang Menggunakan

Konduktivitas Listrik dan termal

Perbedaan selanjutnya adalah dilihat dari konduktivitas listrik. Aluminium adalah konduktor listrik yang sangat baik sedangkan stainless steel sangat buruk, karena konduktivitasnya yang tinggi, ringan dan tahan korosi saluran listrik overhead tegangan tinggi umumnya terbuat dari aluminium. Beberapa rumah tua bahkan memiliki kawat aluminium sebagai lawan dari tembaga.

Sedangkan perbedaan untuk konduktivitas termal adalah dimana aluminium juga merupakan konduktor panas yang jauh lebih baik. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa aluminium sering digunakan untuk radiator mobil dan unit pendingin udara. Namun stainless steel dapat digunakan pada suhu yang jauh tinggi daripada aluminium. Tergantung pada pengaplikasian nya, ini dapat digunakan pada suhu diatas 800 derajat. Aluminium di sisi lain bisa menjadi sangat lunak jika dipanaskan di atas 400 derajat

Terimakasih untuk anda yang sudah membaca tulisan saya ini tentang Perbedaan Aluminium dan Stainless steel. Jika anda sedang mencari aluminium yang berkualaitas tinggi dan premium, yang di kerkerjakan oleh tim ahli dan profesiaonal silah kan hubungi WA 08233-1664-388

 

Leave a Comment